PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN RETENSI SISWA SISTEM EKSKRESI DI SMP SWASTA MARKUS MEDAN

Pardede, Venisha Elisabeth A. (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN RETENSI SISWA SISTEM EKSKRESI DI SMP SWASTA MARKUS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) retensi siswa pada materi sistem ekskresi di SMP Swasta Markus Medan . Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, kelas B dengan strategi pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas C (kontrol) dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian, dan retensi dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar (F=5,562; P=0,000). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Discovery (76,13±7,706) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi PBL (72,54±12,691), maupun strategi Konvensional (69,05±7,430); (2) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F= 9,247; P=0,000). Kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (80,70±8,695) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Discovery (79,57±7,057), maupun strategi Konvensional (71,95±9,712); (3) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap retensi siswa (F= 4,514; P=0,013). Retensi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (44,14±8,427) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan strategi Discovery (38,72±6,251), maupun strategi Konvensional (33,26±7,485).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.490 71 Par p
Keywords: Strategi pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Berpikir kritis; Retensi; Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:54
Last Modified: 10 Jun 2016 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item
View Item