PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 12 MEDAN T.A 2015/2016

Sinaga, Ranida Yanthi (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 12 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7113142045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7113142045 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7113142045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7113142045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7113142045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7113142045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7113142045 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7113142045 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7113142045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7113142045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7113142045 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7113142045 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7113142045 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7113142045 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7113142045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7113142045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7113142045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7113142045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7113142045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7113142045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Question Student Have dan model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan, yang beralamat di Jl. Cempaka No. 75 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 151 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas Eksperimen 1 (XII IPS 1) dan kelas Eksperimen 2 (XII IPS 2) yang masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa untuk kelas eksperimen 1 sebesar 80,33 dengan standar deviasi 11,059 sedangkan nilai rata-rata postest siswa untuk kelas eksperimen 2 sebesar 75 dengan standar deviasi 13,33. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa sebesar 1,686 dan sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 1,686 > 1,671.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Question Student Have dan model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Di SMA Negeri 12 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 P.AKT 012
Keywords: Model pembelajaran Question Student Have; Model pembelajaran Learning Starts With A Question; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Jun 2016 07:03
Last Modified: 09 Jun 2016 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item
View Item