PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BINJAI T.P 2014/2015

Setiawan, Agus (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BINJAI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7112142001 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7112142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7112142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7112142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7112142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7112142001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7112142001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7111142011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7112142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7112142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7112142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi Information Search lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas XI SMK Negeri 1 binjai T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI Ak 1 yang berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 yang berjumlah 30 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan Strategi Information Search lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode Konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi Information Search adalah nilai rata-rata pre test 33,67, dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 15 serta standar deviasi 13,39 dan post test sebesar 77,17 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 serta standar deviasi 11,72. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Konvensional adalah nilai rata-rata pre test 36,83 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 20 serta standar deviasi 13,80 dan post test sebesar 70,17dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta standar deviasi 13,42. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,15 > 1,686 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi Information Search lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Binjai T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 P.AKT 010
Keywords: Model MM; Strategi IF; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item