Pengembangan Video Pembelajaran Konsep Berhitung pada Siswa TK Karya Darma Medan Marindal

Marbun, Ravon Rolan Tua (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Konsep Berhitung pada Siswa TK Karya Darma Medan Marindal. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8. NIM. 8176121003 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176121003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176121003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176121003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM. 8176121003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176121003 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176121003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176121003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176121003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176121003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176121003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176121003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176121003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176121003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176121003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176121003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176121003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176121003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176121003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah kurangnya pemahaman tentang konsep bilangan, hubungan konsep bilangan dengan simbol bilangan, konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat 1 sampai 10 dari siswa TK. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran dan media pendukung yang sesuai dengan taraf berpikir konkrit belum diterapkan menjadi budaya untuk mendukung tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangkan video pembelajaran berhitung serta mengetahui efektifitas penggunaannya pada siswa TK Karya Darma Medan Marindal.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model 4-D yang mengikuti 4 tahapan kegiatan, yaitu tahap mendefinisikan (define), merancang (design), pengembangkan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tahap validasi teoritik melibatkan 3 orang ahli (expert) media dan materi serta 5 orang siswa sebagai subjek uji coba terbatas. Sampel penelitian terdiri dari 20 orang siswa TK Karya Darma Medan Marindal yang dipilih secara acak dari 2 kelas paralel dengan jumlkah 45 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validitas (Va) teoritik dari ketiga validator ahli media adalah 3,53 (kategori valid) dan validator ahli materi adalah 3,45 (kategori valid). Ketuntasan belajar klasikal sebagai indikator ke-efektivan berdasarkan analisis data hasil tes tertulis adalah sebesar 0,82 atau berada pada kategori tuntas. Dari 20 orang siswa, ternyata daya serap pada konsep bilangan dan simbol bilangan adalah 0,86 (sedang), indikator konsep penjumlahan adalah 0,81 (sedang), dan indikator pengurangan adalah 0,80 (sedang). Temuan menunjukkan bahwa; (1) penggunaan warna pada objek yang digunakan pada video sebaiknya tidak mendominasi pikiran siswa atas pemahaman konsep penjumalhan dan pengurangan bilangan, (2) pembelajaran keterampilan menulis simbol bilangan dilakukan bersamaan dengan konsep blangan, (3). Tampilan soal sebaiknya dirancang tidak terlampau padat dan relatif kecil, termasuk soal yang memuat objek sebagai tampilan bilangan.
Berdasar pada hasil analisis tersebut maka disimpulkan bahwa media video pembelajaran berhitung yang dikembangkan adalah valid dan efektif digunakan untuk mengejarkan konsep bilangan dan simbol bilangan, konsep penjumlahan serta konsep pengurangan di tingkat TK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 71.904 4 Mar p
Keywords: Pengembangan, Media Video, Pembelajaran, Berhitung, Siswa TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:22
Last Modified: 19 Mar 2024 05:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55011

Actions (login required)

View Item
View Item