ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN FAKTOR EKSTERNAL DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI IPA SMA N 1 BATANG KUIS T.P 2020/2021

Siburian, Mauli Hot Fernando (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN FAKTOR EKSTERNAL DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI IPA SMA N 1 BATANG KUIS T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341038 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173341038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173341038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173341038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase faktor eksternal terhadap kesulitan belajar pada masa pandemi covid-19 yang dialami siswa dalam mempelajari mata pelajaran biologi, serta mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa di masa pandemi covid-19 di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis, Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 70 siswa. Sementara instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase faktor eksternal kesulitan belajar biologi siswa adalah sebesar 68,93%. Faktor eksternal yang paling tinggi dalam kesulitan belajar siswa adalah terdapat pada faktor Lingkungan Keluarga sebesar 69,45% yang terdiri dari beberapa sub indikator yaitu cara orang tua mendidik (47,14%), relasi antar anggota keluarga (45,71%), keadaan ekonomi keluarga (42,85%), suasana rumah (45,71%), pengertian orang tua (28,57%), dan latar belakang budaya (38,57%). Sedangkan pada faktor Lingkungan Sekolah sebesar 68,55%, dan Lingkungan masyarakat sebesar 69,36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 059
Keywords: Kesulitan belajar; Pembelajaran daring; Hasil belajar; Faktor eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:20
Last Modified: 06 Mar 2024 01:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54656

Actions (login required)

View Item
View Item