PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDUSTRI DI KELAS XII IPS SMA NEGERI I PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016

Berutu, Diana Roince (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDUSTRI DI KELAS XII IPS SMA NEGERI I PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3111531001 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3111531001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3111531001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3111531001 PREFACE .pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3111531001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3111531001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3111531001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3111531001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3111531001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3111531001 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3111531001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle pada materi industri di kelas XII IPS-2 SMA N I Percut Sei Tuan T.A 2015/2016, (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle pada materi Industri di kelas XII IPS SMA Negeri Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi industri melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle di kelas XII IPS-2 SMA Negeri I Percut Sei Tuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan komunikasi tidak langsung.Kemudian data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa(1) Aktivitas belajar pada materi industri meningkat yakni dari siklus I sebesar 62,6%,menjadi 81,3% di siklus ke II( meningkat sebesar 18,7%) . (2) Hasil belajar siswa yang diperoleh adalah hasil belajar mengalami peningkatan dengan tingkat presentase sebesar 65,38% pada siklus I menjadi 80,76% di siklus II (meningkat sebesar 15,38%).Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu penerapan model pembelajaran Learning Cycel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi industri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosni, 196004291985032002
Call Number: SK-2016 GEO 004
Keywords: Model Pembelajaran; Industri; IPS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 May 2016 02:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item