PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 14 MEDAN

Damanik, Sanra Hanalide (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 14 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BABI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Kimia siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media microsoft frontpage dibandingkan dengan hasil Kimia siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara aktivitas siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media microsoft frontpage dibandikan dengan aktivitas siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media Microsoft Frontpage dan model pembelajaran konvensional dengan aktivitas belajar terhadap hasil belaja Kimia siswa SMA . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 14 terdiri dari 6 kelas tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran inkuiri dengan media microsoft frontpage yaitu kelas XI-4 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa media yaitu kelas XI-3 dengan jumlah sampel 60 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan kuisioner aktivitas belajar. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General Linier Models (GLM) Univariate untuk hipotesis 1, 2 dan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Kimia siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media microsoft frontpage dibandingkan dengan hasil belajar Kimia siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara aktivitas siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media microsoft frontpage dibandikan dengan aktivitas siswa SMA kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensiona (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media Microsoft Frontpage dan model pembelajaran konvensional dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar Kimia siswa SMA

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 540.071 2 Dam p
Keywords: Aktivitas belajar; Pembelajaran kimia; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 May 2016 04:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5405

Actions (login required)

View Item View Item