Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Kelas X IPA 5 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Harahap, Hasna Leli (2022) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Kelas X IPA 5 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183351006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183351006_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183351006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183351006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 11833510006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 11833510006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183351006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183351006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183351006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183351006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183351006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183351006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183351006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183351006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183351006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183351006_BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183351006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183351006_BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena rendahnya kecerdasaan emosional pada siswa kelas X IPA 5 di MAN 2 Model Medan. Permasalahan dikaji dalam penelitian adalah bagaimana tingkat kecerdasaan emosional siswa dapat meningkat melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Model Medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengandesain one-group
pretest-postest. Subjek yang ditentukan adalah siswa kelas X IPA 5 dan teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, berdasar teknik tersebut maka ditentukan 8 siswa sebagai konseli. Alat pengumpul
data yang digunakan yaitu skala kecerdasaan emosional, hasil uji validitas instrumen menghasilkan data 37 item valid dari 48 item dan reliabilitas instrument 0.900. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase
dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecerdasaan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami peningkatan rata-rata
sebesar 32,26% dari hasil awal saat pretest sebesar 47,20% menjadi 79,47% saat
postest. Dapat ditarik simpulan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role
playing terbukti berpengaruh untuk meningkatkan tingkat kecerdasaan emosional
pada siswa kelas X IPA 5 di MAN 2 Model Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Role Playing; Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:50
Last Modified: 15 Mar 2024 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54003

Actions (login required)

View Item
View Item