PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) BERBASIS EXELEARNING TERHADAP AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON PADA SISWA SMA

Barus, Arvina Safitri (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) BERBASIS EXELEARNING TERHADAP AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (2) Apakah aktifitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan aktifitas siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan aktifitas siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak (random sampling) dan diambil sebanyak 2 kelas dengan 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan M3PK Berbasis Exelearning dan dengan model konvensional dengan media Exelearnig. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal, serta instrumen data aktifitas siswa digunakan lembar angket. Jenis penelitian ini bersifat quasi eksperiment dengan desain penelitian uji awal dan akhir kelompok control acak (Randomized Control-Group Only Design.). Teknik analisa data menggunakan uji –T dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (diperoleh Sig: 0,000 ) (2) Aktifitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan aktifitas siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (diperoleh Sig: 0,000 ) (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara aktifitas siswa dengan hasil belajar siswa. (diperoleh Sig: 0,000 )

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 547.010 712 Bar p
Keywords: Pembelajaran; Aktifitas belajar; Media exe learning; Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 May 2016 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item