KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA, STRUKTUR KALIMAT, DAN MEKANIK PENULISAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 28 MEDAN

Hidayani, Putri (2022) KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA, STRUKTUR KALIMAT, DAN MEKANIK PENULISAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 28 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2173111032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173111032 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2173111032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173111032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173111032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173111032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173111032 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173111032 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2173111032 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2173111032 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2173111032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2173111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2173111032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2173111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2173111032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2173111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2173111032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2173111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peguasaan kosakata, struktur
kalimat, dan mekanik penulisan terhadap keterampilan menulis cerita inspiratif
siswa kelas IX SMP Negeri 28 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IX SMP Negeri 28 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022 yang
terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini
diambil 25% dari jumlah pupulasi, yaitu sebanyak 64 siswa. Penelitian ini
menggunakan metode Ex post Facto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes pilihan ganda untuk penguasaan kosakata, struktur kalimat, dan mekanik
penulisan serta tes isian untuk keterampilan menulis cerita inspiratif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Untuk uji instrumen peneliti
menggunakan Uji validitas dan Uji Reliabilitas. Untuk menganalisis data peneliti
menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan untuk menguji hipotesis dengan
rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap penguasaan kosakata 22%
dengan kategori sangat baik, serta 26% kategori baik, 20% dengan kategori
cukup, sebanyak 16% dengan kategori kurang, dan 16% kategori sangat kurang.
Untuk penguasaan siswa terhadap struktur kalimat sebesar 22% dengan kategori
sangat baik, 26% kategori baik, 20% dengan kategori cukup, 16% dengan kategori
kurang, dan 16% kategori sangat kurang. Serta penguasaan siswa terhadap
mekanik penulisan sebesar 25% dengan kategori sangat baik, 35% kategori baik,
16% dengan kategori cukup, 16% dengan kategori kurang, dan 8% kategori sangat
kurang. Adapun untuk keterampilan menulis cerita inspiratif terdapat 42% dengan
kategori sangat baik, 47% dengan kategori baik, 11% dengan kategori cukup.
Kemudian ada kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis
cerita inspiratif siswa sebesar 65,6%, terdapat kontribusi penguasaan struktur
kalimat terhadap keterampilan menulis cerita inspiratif siswa sebesar 24,3%, dan
terdapat kontribusi mekanik penulisan terhadap keterampilan menulis cerita
inspiratif siswa sebesar 12,4%, serta terdapat kontribusi penguasaan kosakata,
struktur kalimat, dan mekanik penulisan secara simultan terhadap keterampilan
menulis cerita inspiratif siswa sebesar 70,8%, dan sisanya sebesar 29,2 %
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penguasaan kosakata, struktur kalimat, mekanik penulisan, dan Keterampilan Menulis cerita inspiratif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:59
Last Modified: 22 Jan 2024 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53698

Actions (login required)

View Item
View Item