PENYUSUNAN TES OBJEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GERAK PARABOLA DAN MELINGKAR DI SMA

Fadillah, Muhammad Aizri (2022) PENYUSUNAN TES OBJEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GERAK PARABOLA DAN MELINGKAR DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183121033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183121033 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183121033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183121033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183121033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183121033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183121033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183121033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183121033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183121033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183121033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183121033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183121033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrumen tes objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi gerak parabola dan melingkar di SMA yang memenuhi kualifikasi pada aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg dan Gall dengan 7 tahapan, yaitu; (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan desain, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen tes yang disusun terdiri dari 20 item bentuk pilihan berganda, dengan deskripsi pembagian 10 soal materi gerak parabola dan 10 soal materi gerak melingkar. Hasil uji validasi isi diperoleh instrumen tes objektif sangat valid menurut para ahli dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan nilai rata-rata 0,95. Hasil uji lapangan terbatas diperoleh 85% item valid, sangat reliabel dengan nilai 0,91, 40% item dengan taraf kesukaran sedang, rata-rata daya pembeda item 0,41 dengan kategcri baik, dan efektivitas pengecoh item baik dengan rata-rata 85%. Hasil uji lapangan lebih luas diperoleh 90% item valid, reliabel dengan nilai 0,71, 45% item dengan taraf kesukaran sedang, rata-rata daya pembeda item 0,41 dengan kategcri baik, dan efektivitas pengecoh item baik dengan rata-rata 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 004
Keywords: Gerak parabola; Gerak melingkar; Tes objektif; Kemampuan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Dec 2023 05:18
Last Modified: 12 Dec 2023 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53641

Actions (login required)

View Item
View Item