PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Marpaung, Ira Ningsih Agustini (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321008 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan e-modul pembelajaran fisika ber- basis problem solving pada materi momentum dan impuls serta mengetahui ke- layakan e-modul dari hasil validasi, mengetahui respon peserta didik terhadap e- modul, serta mengetahui peningkatan efektivitas e-modul terhadap berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengem- bangan, dengan model yang digunakan adalah pengembangan yaitu model ADDIE yanng terdiri dari analysis (analisis), design (desain) development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-modul pembelajaran fisika berbasis problem solving Pada materi momentum dan impuls. Kelayakan e-modul yang telah dilakukan oleh peneliti ber- dasarkan hasil validator oleh ahli materi mendapatkan rata-rata 93,4% dengan kata- gori sangat layak dan Hasil Validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata 98,2% dengan katagori sangat layak. Tingkat validitas e-modul berbasis problem solving pada materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan memperoleh hasil san- gat layak. Dilihat dari respon siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 responden dengan rata-rata 88,0% kelompok besar 32 responden dengan rata-rata 90,2% dengan hasil persentasi dengan kriteria sangat baik. Respon atau tanggapan siswa terhadap e- modul berbasis problem solving pada materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan memiliki katagori sangat baik dan Tingkat keefektivan dapat dilihat berdasarkan rata-rata yang diperoleh gain dengan skor sebesar 0,69 Tingkat keefek- tivan e-modul dalam membantu meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi mo- mentum dan impuls yang telah dikembangkan efektif untuk digunakan oleh siswa. Dari keseluruhan nilai yang telah diperoleh maka diketahui e-modul yang dikem- bangkan layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 001
Keywords: Modul; Problem solving; Momentum; Impuls; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:44
Last Modified: 11 Dec 2023 06:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53637

Actions (login required)

View Item
View Item