PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI SMA

Sitanggang, Afridayani (2022) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4173321002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173321002 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173321002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173321002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173321002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173321002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173321002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173321002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173321002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173321002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173321002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173321002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173321002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173321002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika pada materi gelombang cahaya di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design two group pretest-posstest populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 150 siswa dan terdiri menjadi 5 kelas. Pengambilan sampel adalah dengan teknil random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi. Instrumen yang digunakan adalah pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, dan uraian untuk mengukur pemecahan masalah. Instrumen soal pilihan ganda sebanyak 20 dan telah divalidasi dan soal uraian sebanyak 8 dan telah divalidasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest pemahaman konsep kelas kontrol 43,00 dan kelas eksperimen 45,83. Dan data pretes pemecahan masalah kelas kontrol 40,65 dan kelas eksperimen 41,27, kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Nila rata-rata postes kelas kontrol dan eksperimen pemahaman konsep yaitu 70,33 dan 80,17 sementara untuk pemecahan masalah yaitu 71,33 dan 79,65. Kedua kelas memiliki data berdistribusi normal dan homogen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 020
Keywords: Multirepresentasi; Gelombang cahaya; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Dec 2023 10:05
Last Modified: 07 Dec 2023 10:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53623

Actions (login required)

View Item
View Item