META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS

Rezki, Windi (2022) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151111108 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111108 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4151111108 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151111108 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4151111108 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151111108 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111108 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111108 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111108 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111108 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111108 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111108 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111108 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111108 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151111108 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151111108 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis secara keseluruhan, (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis berdasarkan jenjang pendidikan, (3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis berdasarkan kemampuan berpikir matematis yang diukur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal nasional ataupun internasional dengan rentang tahun 2018 sampai dengan 2022. Penelitian ini menggunakan metode meta
analisis. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 15 artikel jurnal yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan bantuan software publish or perish. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil meta analisis menunjukkan bahwa: (1) Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa dengan rata-rata effect size sebesar 1,051. (2) Berdasarkan jenjang pendidikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir matematis siswa pada tingkat SMA/SMK/MA lebih tinggi daripada tingkat SMP/MTs dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,343. (3) Berdasarkan kemampuan berpikir matematis yang diukur, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,656.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 034
Keywords: Berpikir matematis; Think pair share; Meta analisis; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:50
Last Modified: 30 Nov 2023 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53610

Actions (login required)

View Item
View Item