STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Sitorus, Theo Artkin (2022) STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151111101 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111101 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4151111101 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151111101 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4151111101 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151111101 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111101 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111101 PREFACE.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111101 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111101 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111101 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111101 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111101 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111101 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151111101 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151111101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah library research (studi literatur) dari 6 sumber yang terdiri dari 3 skripsi dan 3 jurnal yang membahas penggunaan media pembelajaran pada model pembelajaran problem based learning yang ada di Indonesia dari tahun 2016-2022. Dari hasil perhitungan effect size diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,79 yang dikategorikan pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan problem based learning pada pembelajaran matematika memberikan efek positif terhadap
peningkatan kemampuan matematis peserta didik dan pengaruh yang diperoleh berada pada kategori sedang. Adapun kemampuan matematis yang bisa dikembangkan bersumberkan kajian studi literatur yakni kemampuan koneksi matematika siswa, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis media yang direkomendasikan
bersumberkan kajian studi literatur ini yakni animasi, geogebra, microsoft power point, fun math book, cabri 3D v2 dan youtube. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat dianalisis lebih dalam lagi dengan menggunakan sumber lebih banyak agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 023
Keywords: Problem based learning; Media pembelajaran; Studi literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:05
Last Modified: 29 Nov 2023 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53604

Actions (login required)

View Item
View Item