ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 43 MEDAN T.A. 2021/2022

Sudaryani (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 43 MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151111098 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111098 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4151111098 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151111098 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4151111098 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4151111098 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111098 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111098 PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111098 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111098 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111098 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111098 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111098 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111098 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 14.. NIM 4151111098 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.. NIM 4151111098 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aljabar dan mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif-kualitatif dengan subjek dalam penelitian adalah 30 orang siswa/i kelas VII SMPN 43 Medan pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Pengambilan subjek wawancara diambil dari kategori sangat rendah, rendah, sedang, dan tinggi. Penentuan subjek ini berdasarkan saran dari guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data meliputi hasil tes soal cerita materi Aljabar, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kategori tinggi siswa tidak menuliskan jawaban akhir yang ia peroleh. Pada kategori sedang siswa cenderung melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Pada kategori rendah siswa cenderung melakukan kesalahan memahami masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Pada kategori sangat rendah siswa cenderung melakukan kesalahan pada tahap memahami soal, transformasi, keterampilan proses dan juga penulisan jawaban akhir. Selain itu pada proses jawaban siswa masih terdapat banyak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Termasuk kesalahan dalam objek matematika yang terdapat pada proses penyelesaian jawaban siswa yaitu kesalahan pada konsep, kesalahan operasi dan juga kesalahan prinsip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 090
Keywords: Kesalahan siswa; Soal cerita; Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:26
Last Modified: 29 Nov 2023 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53602

Actions (login required)

View Item
View Item