PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Purba, Hendrawan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111073 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183111073 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183111073 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183111073 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183111073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183111073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183111073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183111073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183111073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183111073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183111073 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183111073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183111073 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183111073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183111073 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183111073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan dan (2) mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP Swasta Khatolik Budi Murni 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Siswa yang terlibat dalam penelitan ini berjumlah 64 orang yang terbagi menjadi 32 orang pada kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 32 orang pada kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) 22. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji smirnof- kolmogorov dan uji homogenitas dengan uji Leven. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent sample t-test). Berdasarkan output, diperoleh nilai signifikansi 2-tailed Equal variances assumed adalah 0,035. Dimana 0,035 < 0,05, berdasarkan kriteria pengujian, H0 ditolak atau terima Ha, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Setelah itu hasil nilai Mean posttest menunjukkan bahwa nilai Mean posttest kelas eksperimen sebesar 74,34 sedangkan Mean Posttest kelas kontrol sebesar 68,75, dimana 74,34 > 68,75. Artinya kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 070
Keywords: Komunikasi matematis; Eksperimen semu; Two stay two stray; Bangun ruang sisi datar; Kubus; Balok; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:00
Last Modified: 29 Nov 2023 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53598

Actions (login required)

View Item
View Item