PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Ayunda, Sekar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171111049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171111049 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171111049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171111049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171111049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171111049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171111049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171111049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171111049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171111049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171111049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171111049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171111049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Discovery berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam mengembangkan lebih lanjut kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Rizki Ananda, khususnya pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Subjek pada riset ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dalam memahami masalah, memutuskan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan menarik kesimpulan. Skor tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I secara klasikal diperoleh 44,44% tuntas dengan rata-rata nilai 63,89, pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata nilai 76,30. Data yang telah diperoleh pada riset ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa penerapan model Discovery Learning berbasis Information and Communication Technology (ICT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Rizki Ananda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 091
Keywords: Pemecahan masalah; Discovery learning; Persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:57
Last Modified: 28 Nov 2023 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53594

Actions (login required)

View Item
View Item