PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 9 MEDAN

Sitorus, Realita Oktavia (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183111045 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183111045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183111045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183111045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183111045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183111045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183111045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183111045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183111045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4183111045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4183111045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183111045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui validitas bahan ajar yang dikembangkan dengan model problem based learning (PBL) pada materi segiempat dan segitiga (2) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dengan model problem based learning (PBL) pada materi segiempat dan segitiga (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 pada Uji Coba I dan VII-6 pada Uji Coba II SMP N 9 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penelitian RPP dan Bahan Ajar untuk mengukur kevalidan, tes hasil belajar, angket respon siswa dan lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan Ajar yang dikembangkan dengan model problem based learning telah memenuhi kualifikasi valid. Dimana perolehan skor rata-rata sebesar 4,49 dari skor rata maksimal 5,00. (2) Bahan Ajar yang dikembangkan dengan model problem base learning telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar secara klasikal meningkat sebesar 87 % pada uji coba II (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba II (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,03 (d) waktu pembelajaran efisien artinya tidak melebihi waktu pencapaian (e) respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui model problem based learning adalah positif. (3) peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I sebanyak 5 orang dengan persentase sebesar 16,6 % meningkat sebesar 70 % menjadi 86,6% pada uji coba II. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar matematika yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 256
Keywords: Bahan ajar; Problem based learning; Hasil belajar; Segiempat; Segitiga; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:00
Last Modified: 07 Dec 2023 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53586

Actions (login required)

View Item
View Item