MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL OPEN ENDED DI KELAS VIII-B SMPS IT AL-HIJRAH MEDAN TA 2022/2023

Masitha, Cica (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL OPEN ENDED DI KELAS VIII-B SMPS IT AL-HIJRAH MEDAN TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181111010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181111010 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181111010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181111010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181111010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181111010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181111010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181111010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181111010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran open ended di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan yang berjumlah 17 orang dan objek pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada materi pola bilangan. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Intrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi pola bilangan saat diterapkan model open ended, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model open ended. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan TA 2022/2023, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan hanya 47,05% (8 siswa) dengan rata-rata 62,86 dan pada siklus II menjadi 88,23% (15 siswa) dengan nilai rata-rata 82,72. Sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 85%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model open ended pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 074
Keywords: Berpikir kreatif; Open ended; Pola bilangan; Aritmatika; Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:45
Last Modified: 09 Nov 2023 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53550

Actions (login required)

View Item
View Item