PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLTV KELAS X

Afrianti, Anisa Dwi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLTV KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311008 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Kualitas LKPD ini mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA-1 SMA Swasta Imelda Medan berjumlah 29 orang.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari ahli validasi dengan persentase 79% LKPD berada pada kategori valid, sedangkan hasil dari ahli validasi dengan persentase 75% RPP berapa pada kategori valid. Kepraktisan LKPD dilihat dari hasil angket respon guru mata pelajaran matematika dan peserta didik dengan persentase 84% dan 85% dimana persentase itu berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal dengan persentase 86% dimana kategori tersebut sangat efektif. Peningkatan kemampuan penalaran pada peserta didik, hasil yang diperoleh tingkat kemampuan penalaran peserta didik berada pada persentase 81% berada pada kategori tinggi, sedangkan pada penilaian N-Gain diperoleh rata-rata peserta didik sebesar 0,666 yang berarti terjadi peningkatan kemampuan penalaran pada peserta didik dengan kategori sedang. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada penelitin ini adalah valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 009
Keywords: Guided discovery learning; Penalaran matematis; Lembar kerja peserta didik; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:39
Last Modified: 09 Nov 2023 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53546

Actions (login required)

View Item
View Item