PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP NEGERI 17 MEDAN

Hutasoit, Eka Sari (2022) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183151812 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183151812 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183151812 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183151812 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183151812 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183151812 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183151812 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183151812 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183151812 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183151812 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183151812 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183151812 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183151812 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183151812 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183151812 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183151812 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural siswa dan mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, maka kelas yang terpilih adalah kelas VIII-5 dan VIII-6 dengan total sebanyak 64 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain two group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instrumen tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes bagi kelas eksperimen 36,87 dan kelas kontrol 36,25 serta rata-rata posttes kelas eksperimen 76,71 dan kelas kontrol 60,46 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan prosedural antara siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantuan mind mapping dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Adapun besar peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah sebesar 63% dan peningkatan di kelas kontrol adalah 37% yang menunjukkan keduanya sampel memiliki N-Gain yang berada pada kategori sedang dan disimpulkan model problem based learning berbantuan mind mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 IPA 015
Keywords: Problem based learning; Mind mapping; Tekanan zat; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2023 05:42
Last Modified: 30 Oct 2023 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53494

Actions (login required)

View Item
View Item