PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Fathonah, Yasmin Nurul (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4183131036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4183131036 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4183131036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4183131036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4183131036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4183131036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4183131036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4183131036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4183131036  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4183131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM.4183131036  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4183131036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM.4183131036  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.4183131036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM.4183131036  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4183131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeteksi miskonsepsi siswa yang terjadi pada konsep struktur atom berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dan menunjukan sub konsep yang mengalami miskonsepsi tinggi maupun rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2021- Februari 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah tes diagnostik three tier multiple choice yang terdiri dari pilihan jawaban, alasan dan tingkat keyakinan. Hasil validasi oleh validator menunjukan instrumen yang dikembangan valid. Validitas tes yang dikembangkan sebanyak 16 butir soal valid dan soal yang tidak valid sebanyak 4 butir soal. Hasil uji coba reliabilitas menunjukan angkat reliabilitas sebesar 0,82. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu pada konsep konfigurasi elektron sebesar 52% dan persentase miskonsepsi terendah pada konsep penyusun partikel atom (proton, elektron, dan neutron) sebesar 21,17%. persentase siswa yang memahami konsep struktur atom yaitu sebesar 23%. Persentase kategori tidak memahami konsep struktur atom sebesar 32% dan persentase kategori miskonsepsi konsep struktur atom sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 064
Keywords: Miskonsepsi; Struktur atom; Tes diagnostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:10
Last Modified: 23 Oct 2023 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53458

Actions (login required)

View Item
View Item