PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Nasution, Rahma Dhani Syahfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183331038 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183331038 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183331038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183331038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183331038 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183331038 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183331038 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183331038 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183331038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183331038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183331038 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183331038 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183331038 CHAPTER V. pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183331038 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183331038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183331038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validasi modul pembelajaran pada materi koloid yang dikembangkan berbasis CTL, (2) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis CTL melalui metode eksperimen pada materi koloid, (3) mengetahui hasil belajar siswa terhadap modul pembelajaran berbasis CTL melalui metode eksperimen pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model Dick and Carey pada setiap tahapannya (perencanaan dan pengembangan, validasi, revisi (modifikasi), dan uji coba produk). Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen kimia dan 1 guru kimia. Rata-rata hasil analisis modul berbasis kontekstual (CTL) oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan sebesar ± 3,51. Ini adalah kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian persentase tingkat ketertarikan siswa terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 88,67 (sangat tinggi). Menggunakan modul berbasis CTL pada pokok bahasan koloid, hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,86% dengan skor maksimal 95 dan minimum ± 70 serta rata-rata dari posttest sebesar 83 > Nilai KKM sebesar ± 70. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu 11,794 > 1,690.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 042
Keywords: Modul; Contextual teaching and learning; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:53
Last Modified: 23 Oct 2023 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53449

Actions (login required)

View Item
View Item