EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR Tahun Ajaran 2021/2022

Tampubolon, Teodora Tania (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  4181111022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181111022 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181111022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181111022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181111022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181111022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181111022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181111022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181111022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181111022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181111022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181111022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181111022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen bentuk one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang dimana terdiri 216 siswa pada 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah satu kelas X yang dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian yaitu pretest tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan posttest bertujuan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa serta angket respon peserta didik dalam pembelajaran. Dari pengambilan data tersebut, akan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Adapun hasil yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan uji t dimana nilai |thitung| ≥ |ttabel|. Dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh nilai thitung = -8,921 dan nilai ttabel = 1,729. disimpulkan bahwa nilai |thitung| ≥ |ttabel| atau |8,921| ≥ |1,729| maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk nilai posttest sebesar 90% dan yang tidak tuntas sebesar 10%; (3) Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah76,7% dengan kategori aktif ; (4) Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran keseluruhan sebesar 90% atau berada dalam kategori baik dan sangat baik. Dari ketiga indikator kriteria keefektifan telah terpenuhi. Secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif digunakan pada kelas X IPA-2 DI SMA Negeri 1 Sipahutar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X pada materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku dapat ditinjau dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 126
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah matematika; Student teams achievement divisions; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:47
Last Modified: 25 Sep 2023 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53414

Actions (login required)

View Item
View Item