PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI NO 101670 AEK HARUAYA DESA LANTOSAN KEC. PORTIBI KAB. PADANG LAWAS UTARA

Siregar, Siti Amsah (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI NO 101670 AEK HARUAYA DESA LANTOSAN KEC. PORTIBI KAB. PADANG LAWAS UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL TESIS.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 5.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan matematika realisitk pada materi pecahan di kelas III SD Negeri No 101670 Aek Haruaya Desa Lantosan Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan terhadap perangkat pembelajaran melalui model 3-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model pengembangan pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Prosedur penelitianl ini meliputi 3 tahapan, yakni : Tahap I yaitu: studi pendahuluan yang terdiri dari studi literature, studi literature pendekatan matematika realsitik, studi literature LKS, analisis materi pecahan, analisis pendekatan matematika realistic dalam mengembangkan LKS, kemudian hasil pecetakan , dan analisi kelemahan; Tahap II yaitu pengembangan LKS, menentukan alat pengumpulan data, validasi awal, revisi hasil validasi awal, uji coba, hasil uji coba; Tahap III yaitu pemberian tes awal, dilihat kontribusi pengembangan lembar kerja siswa yang telah diberikan kepada siswa, pemberian tes akhir kemudian dihasilkan lembar kerja siswa berbasis pendektan matematika realistik yang efektif pada materi pecahan. Subjek uji coba terdiri dari satu ahli materi, satu ahli desain pembelajaran, tiga orang guru sejawat siswa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan ini berada pada kriteria baik; (2) Uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kriteria baik ; (3) Uji coba kepada guru dan kepala sekolah berada pada kriteria sangat baik. Demikian pula dengan uji efektifitas produk berada pada kategori sangat baik (87,5%), dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Call Number: 372.7 Sir p
Keywords: Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Matematika realistik; Efektifitas; Minat belajar; Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2016 08:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item