UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI POKOK ALJABAR KELAS VIII SMP N 1 PAGAR MERBAU T.A 2015/2016

Manurung, Desi Mayanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI POKOK ALJABAR KELAS VIII SMP N 1 PAGAR MERBAU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM..4113311006 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM..4113311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4113311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4113311006 PREPACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4113311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4113311006 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4113311006 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4113311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4113311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4113311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4113311006 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS) di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Merbau pada materi pokok Aljabar melaui model pembelajaran kooperatif tipe think_Pair_Share (TPS) Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa memiliki persentase aktivitas ≥70% secara klasikal adalah 2 orang siswa (5,26%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 29 orang siswa (76,91%). Peningkatan setiap aspek aktivitas secra klasikal dari siklus I ke siklus II adalah bertanya 44,7%, menjawab pertanyaan sebesar 30,2%, berdiskusi sebesar 17,57%, dan mengemukakan pendapat sebesar 39,38%. Dari hasil siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi yaitu : 70%≤Persentase Aktivitas Siswa<85%. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS), hasil belajar siswa minimal sedang (≥65%) secara klasikal belom tercapai karena hanya 50% siswa yang tuntas,engan nilai rata-rata kelas 70,05%. Setelah pelaksaan siklus II, hasil belajar siswa kategori minimal sedang (≥65%) secara klasikal telah tercapai yaitu 86,84%, dengan nilai rat-rata 84,06. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 71,65%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 36,84% Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru matematika yang ingin menungkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa hendaknya menerapkan model kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: SK-2016 MAT 029
Keywords: Belajar Matematika; Aljabar; Sistem Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 18:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5217

Actions (login required)

View Item View Item