PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI-2 MEDAN

Tamba, Jesica Sesilia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311021 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII–3 SMP Swasta Katolik Budi Murni–2 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembalajarn yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar, hal ini terlihat melalui hasil validasi materi dengan persentase 75% kategori layak dengan aspek penilaian materi, bahasan serta penulisan dan hasil validasi media dengan persentase 76,71% kategori layak dengan aspek penilaian tampilan, audio, isi, dan kemudahan penggunaan. Media yang dikembangkan juga praktis melalui hasil pengukuran kepraktisan dan memperoleh hasil 81,32% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan media ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa hal ini terbukti melalui hasil pengukuran peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan tes dan memperoleh hasil 0,59 dengan kategori sedang menggunakan uji–gain. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline 3 yang dikembangkan layak dan praktis, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sehingga media pembelajaran Articulate Storyline 3 dapat digunakan sebagai media pembelajaran didalam kelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 125
Keywords: Bangun ruang sisi datar; Kubus; Balok; Pemahaman konsep matematis; Articulate storyline 3; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2023 08:19
Last Modified: 16 May 2023 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52160

Actions (login required)

View Item
View Item