PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI PHARMACA MEDAN

Pandiangan, Sara Silpani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI PHARMACA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Cover.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Abstrak.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB I.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika pada materi pokok perbandingan, skala dan persen siswa SMK Farmasi Pharmaca Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika pada materi pokok perbandingan, skala dan persen. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-A SMK Farmasi Pharmaca Medan T.A. 2015/2016.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap pemecahan masalah siswa, kesulitan awal siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah, dan peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based-Learning melalui uji N-Gain bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang terjadi pada siklus I ke siklus II dilihat dari 4 indikator Polya, yaitu : langkah 1 (memahami masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.276667 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.395238, langkah 2 (merencanakan penyelesaian masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.211327 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.23, langkah 3 (pelaksanaan penyelesaian masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.381293 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.39619, langkah 4 (pemeriksaan kembali) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.230952 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.288095, dan peningkatan TKPM secara keseluruhan yaitu siklus I sebesar 0,27 mengalami peningkatan siklus II sebesar 0,32. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based-Learning di SMK Farmasi Pharmaca Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan, skala, dan persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 021
Keywords: Perbandingan; Skala; Persen; Sintaks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 17:35
Last Modified: 12 May 2016 17:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item
View Item