PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTSS UJUNG BARO GAYO LUES T.A.2015/2016

Ruwaidawati (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTSS UJUNG BARO GAYO LUES T.A.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01.NIM. 4111111021 COVER.pdf]
Preview
Text
01.NIM. 4111111021 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 02.NIM. 4111111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02.NIM. 4111111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 03.NIM. 4111111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03.NIM. 4111111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 04.NIM. 4111111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04.NIM. 4111111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 05.NIM. 4111111021 LIST OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05.NIM. 4111111021 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 06.NIM. 4111111021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06.NIM. 4111111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07.NIM. 4111111021 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
07.NIM. 4111111021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 08.NIM. 4111111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08.NIM. 4111111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 09.NIM. 4111111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09.NIM. 4111111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 4111111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 4111111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4111111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4111111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran cCTL pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII MTsS Ujung Baro Gayo Lues T.A 2015/2016. (2)Penerapan model pembelajaran CTL terhadap peningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII MTsS Ujung Baro Gayo Lues T.A 2015/2016
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTsS Ujung Baro Gayo Lues yang berjumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran CTL pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII MTsS Ujung Baro Gayo Lues T.A 2015/2016.
Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir siklus dan lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata pemecahan masalah matematika siswa dari tes awal, siklus I dan siklus II, yakni dari 56,66 (56,55%). dengan tingkat kemampuan rendah di tes awal menjadi 69,17 (69,17%) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I dan menjadi 80,08 (80,08%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II. Ketercapaian klasikal juga mengalami peningkatan yaitu dari tes awal yakni dari 26,66% menjadi 56,66% pada siklus I dan menjadi 86,66% pada siklus II. Pada proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata hasil observasi yaitu pada siklus I rata-rata kemampuan guru mengolah pembelajaran adalah 2,85 dengan kategori baik meningkat menjadi 3,52 dengan kategori baik pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CTL, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan model pembelajaran CTL sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 001
Keywords: Model Pembelajaran; Matematika; Persamaan Linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 May 2016 23:16
Last Modified: 11 May 2016 23:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item
View Item