UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 1 BANDAR T.P 2015/2016

Octavia, Esther Putri (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 1 BANDAR T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4113111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Bandar dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes tertulis dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar pertanyaan wawancara, lembar observasi, tes pemahaman konsep, dan angket minat belajar. Validitas instrument diproses melalui expert judgement dari dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila nilai rata-rata pemahaman konsep dan minat belajar siswa meningkat dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 56,5 meningkat menjadi 71 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata persentase minat belajar matematika siswa pada saat pratindakan 62,525% meningkat menjadi 81,175% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,875% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: SK-2016 MAT 043
Keywords: Pemahaman konsep; Minat belajar; Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 May 2016 19:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item