PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUSSALAM MEDAN

RAHMIATI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUSSALAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8214021014 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8214021014 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 8214021014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 8214021014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 8214021014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 8214021014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 8214021014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 8214021014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 8214021014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 8214021014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 8214021014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 8214021014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 8214021014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 8214021014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 8214021014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 8214021014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 8214021014 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 8214021014 BAB I.pdf - Published Version

Download (858kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8214021014 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8214021014 BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 8214021014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 8214021014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa.Metode penelitian kuasi eksperimen disain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) MTs Miftahussalam Medan sebanyak 3 (tiga) kelas yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang, dengan demikian jumlah populasi 96 orang siswa.Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling.Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi pembelajaranCTL dan ekspositori, terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa, ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori: (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran CTL dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil belajar Bahasa Inggris yang lebih tinggi jika dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL dari pada strategi pembelajaran Ekspositori, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah lebih tinggi hasil belajarnya jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori dari pada strategi pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Rah p
Keywords: contextual teaching and learning, ekspositori, kemampuan verbal, bahasa inggris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 04:22
Last Modified: 29 May 2023 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51447

Actions (login required)

View Item
View Item