PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKS IMELDA MEDAN

Ritonga, Harti Mariani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKS IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5183331009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5183331009 COVER.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5183331009  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5183331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5183331009  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5183331009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5183331009  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5183331009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5183331009  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5183331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5183331009  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5183331009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5183331009  TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5183331009 TABLES.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5183331009  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5183331009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5183331009  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5183331009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5183331009  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5183331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pegaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK, penelitian ini jenisnya ialah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk design Posttest- Only Control. Sampel penelitian dilakukan di 2 kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Imelda Medan dengan jumlah keseluruhan 44 siswa dan teknik analis data menggunakan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, indeks kesukaran soal, daya pembeda, dan rehabilitasnya. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X untuk nilai rata-rata 83,3 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 66, hasil model pembelajaran ekspositori siswa kelas X untuk nilai rata-rata 68,05 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terndah 54, dengan hasil uji homogenitasnya ialah homogen dengan hasil hipotesis di uji-t yaitu bahwa thitung > ttabel (5,81 > 1,670), sehingga Ha menjadi diterima jadi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning, Model Ekspositori, Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 May 2023 06:42
Last Modified: 09 May 2023 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51350

Actions (login required)

View Item
View Item