Ritonga, Harti Mariani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKS IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5183331009 COVER.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
2. NIM 5183331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5183331009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
4. NIM 5183331009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
5. NIM 5183331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (912kB) | Preview
6. NIM 5183331009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
7. NIM 5183331009 TABLES.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
8. NIM 5183331009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM 5183331009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
13. NIM 5183331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pegaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Instalasi Tenaga Listrik siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK, penelitian ini jenisnya ialah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk design Posttest- Only Control. Sampel penelitian dilakukan di 2 kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Imelda Medan dengan jumlah keseluruhan 44 siswa dan teknik analis data menggunakan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, indeks kesukaran soal, daya pembeda, dan rehabilitasnya. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X untuk nilai rata-rata 83,3 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 66, hasil model pembelajaran ekspositori siswa kelas X untuk nilai rata-rata 68,05 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terndah 54, dengan hasil uji homogenitasnya ialah homogen dengan hasil hipotesis di uji-t yaitu bahwa thitung > ttabel (5,81 > 1,670), sehingga Ha menjadi diterima jadi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Model Ekspositori, Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51350 |