PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FSLC (FORMULATE SHARE LISTEN CREATE) MENGGUNAKAN MEDIA TEKA -TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Nisa, Nada Khairun (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FSLC (FORMULATE SHARE LISTEN CREATE) MENGGUNAKAN MEDIA TEKA -TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181131008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181131008 COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181131008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181131008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181131008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181131008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181131008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181131008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4181131008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4181131008 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4181131008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4181131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4181131008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4181131008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181131008 CHAPTER I'.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181131008 CHAPTER I'.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181131008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181131008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181131008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Salah satu materi kimia yang sulit dipahami oleh siswa di SMAN 1 Tebing Tinggi adalah elektrolit dan non elektrolit. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mampu memahami materi tersebut perlu diiringi dengan adanya motivasi. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi yakni dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif FSLC, dibarengi dengan penggunaan media TTS untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif FSLC menggunakan media teka-teki silang 2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tebing Tinggi yang diajarkan metode kooperatif FSLC dengan menggunakan media teka-teki silang pada materi elektrolit dan non elektrolit 3) mengetahui korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif FSLC dengan menggunakan media teka-teki silang pada materi elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan model yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif FSLC. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan motivasi belajar siswa yang diajar dengan metode FSLC menggunakan teka-teki silang dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang diberikan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektrolit dan non elektrolit dengan nilai sig. sebesar 0,013 < 0,05. Perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran FSLC menggunakan TTS dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, ditandai dengan nilai Sig. sebesar 0,02 maka Ha diterima. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,039, hasil ini menunjukkan bahwa motivasi berhubungan secara signifikan dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-KIM-107 / 371.33 Nis p
Keywords: Kooperatif FSLC, Teka-teki Silang, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Elektrolit dan Non Elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:11
Last Modified: 28 Feb 2023 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50256

Actions (login required)

View Item
View Item