PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN

Taringan, Cynthia Marsela (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183151807 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183151807 COVER.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183151807 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183151807 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183151807 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183151807 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183151807 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183151807 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183151807 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183151807 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183151807 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183151807 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183151807 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183151807 TABLES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183151807 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183151807 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183151807 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183151807 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183151807 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183151807 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183151807 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183151807 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Example Non Example adalah model pembelajaran yang memakai media dapat berupa gambar atau video yang sesuai dengan topik yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Design dengan responden sebanyak 50 orang dikelompokan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Responden berasal dari peserta didik kelas VIII-1 dan VIII-2. Pemilihan kelas menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan test pilihan ganda dengan cara membandingkan Pre-Test dan Post-Test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dan disajikan pada bentuk tabel dan diagram. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang normal dan homogen selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Untuk uji-t sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji Independent Samples Test diperoleh bahwa uji hipotesis diterima, nilai sig (2-tailed) (0,005) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan selisih rata-rata Post-Test dari kedua kelas adalah eksperimen (82.6668) dan kontrol (73.0672). Yang artinya ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Example Non Example dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-IPA-032 / 371.33 Tar p
Keywords: Model pembelajaran Example Non Example; Hasil Belajar; peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:41
Last Modified: 25 Jan 2023 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50212

Actions (login required)

View Item
View Item