PENGARUH CONTENT KNOWLEDGE DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH KESEKRETARISAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIMORANGKIR, MIKHAEL FRANSIUS (2022) PENGARUH CONTENT KNOWLEDGE DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH KESEKRETARISAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7183144014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7183144014 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7183144014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7183144014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7183144014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7183144014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7183144014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7183144014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7183144014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7183144014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7183144014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7183144014 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7183144014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7183144014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7183144014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7183144014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7183144014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7183144014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7183144014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7183144014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7183144014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7183144014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Mikhael Fransius Simorangkir. NIM: 7183144014. Pengaruh Content Knowledge dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Kesekretarisan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan content knowledge dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah kesekretarisan mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content knowledge dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah kesekretarisan mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada semester 8. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2018 yang berjumlah 59 mahasiswa dan sampel sebanyak 59 mahasiswa yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Crombach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liner berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 3,920 + 0,567 X1 + 0,411 X2. Berdasarkan hipotesis parsial, hasil content knowledge (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kesekretarisan sebesar thitung>ttabel (4,765>1,672) dan nilai signifikansinya pada taraf α = 5% adalah 0,000<0,05. Sedangakan hasil fasilitas belajar (X2) yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kesekretarisan dengan jumlah thitung>ttabel (3,681>1,672) dan nilai signifikansinya pada taraf α = 5% adalah 0,001<0,05.
Berdasarkan hasil uji secara simultan (Uji F) diperolah data Fhitung>Ftabel (82,479>3,16) dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis ketiga diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara content knowledge (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji determinasi (R2) ditemukan bahwa content knowledge dan fasilitas belajar sebesar 74,7% mempengaruhi prestasi belajar dan sisanya 25,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Content Knowledge, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3740 Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:20
Last Modified: 18 Jan 2023 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50181

Actions (login required)

View Item
View Item