PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XII AKL 2 SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG T.P. 2022/2023

SITOHANG, EWINDA (2022) PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XII AKL 2 SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7182142012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7182142012 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.712142012 APPROVAL .Pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM.712142012 APPROVAL .Pdf.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7182142012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7182142012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7182142012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7182142012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7182142012 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7182142012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7182142012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7182142012 TABLES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7182142012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7182142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7182142012 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7182142012 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7182142012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7182142012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7182142012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7182142012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7182142012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7182142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keungan pada siswa kelas XII AKL 2 SMK HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkannya Flipped Classroom pada siswa kelas XII AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AKL 2 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu i dengan test dan observasi, untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis pada siklus I didapatkan sebesar 13% dan pada siklus II sebesar 86% menunjukkan adanya peningkatan sehingga hipotesis I diterima. Untuk hipotesis II hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 86%, sehingga II diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Flipped Classroom dapat menigkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi pada akuntansi keuangan siswa AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:38
Last Modified: 26 Jan 2023 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50143

Actions (login required)

View Item
View Item