PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN

ZAI, WANSAH FANGARO (2022) PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7182142018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7182142018 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7182142018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7182142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7182142018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7182142018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7182142018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7182142018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7182142018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7182142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7182142018 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7182142018 TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7182142018 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7182142018 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7182142018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7182142018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7182142018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7182142018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7182142018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7182142018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7182142018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7182142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Wansah Fangaro Zai, NIM. 7182142018. Pengaruh Perilaku Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh perilaku belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 28 pernyataan dengan skala likert 4 point, 18 pernyataan untuk perilaku belajar dan 10 pernyataan untuk lingkungan keluarga. Angket penellitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 23.986 + 0,693X1 + 0,478X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 5,284 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,080 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,043 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 49%, sedangkan sisanya 51% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perilaku Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil BelajarAkuntansi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ760 Family size
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:50
Last Modified: 10 Jan 2023 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49736

Actions (login required)

View Item
View Item