PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGA PANAH

BARUS, HAPRIN (2022) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGA PANAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7153342015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7153342015 COVER.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7153342015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7153342015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7153342015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7153342015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7153342015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7153342015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7153342015 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7153342015 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7153342015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7153342015 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7153342015 PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7153342015 PICTURE.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7153342015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7153342015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7153342015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7153342015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7153342015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7153342015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7153342015 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7153342015 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah masih rendah. Hal ini terlihat dari terdapatnya 34% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey serta memiliki sampel sebanyak 96 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling, yakni dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan sebaran kuesioner kepada responden. Sementara teknik pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji t (parsial) diperoleh nilai thitung 2,902 > ttabel 1,986 dan Sig. 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) hasil uji t (parsial) lainnya diperoleh nilai thitung 7,566 > ttabel 1,986 dan nilai Sig. 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 3) hasil uji F (simultan) diperoleh nilai F hitung = 57,351 > F tabel 3,094 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Melalui uji koefisien determinasi, diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,552 yang artinya 55,2% sebaran variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen. Hal ini berarti bahwa besarnya pengaruh kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah adalah sebesar 55,2 %, dan sisanya 44,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas Belajar, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:57
Last Modified: 24 Jan 2023 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49683

Actions (login required)

View Item
View Item