PENGARUH MEDIA E-LEARNING EDMODO DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

DAMANIK, ICHA TRI CAHYANI (2022) PENGARUH MEDIA E-LEARNING EDMODO DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183144013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183144013 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183144013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183144013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183144013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183144013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183144013 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183144013 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183144013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183144013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183144013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183144013 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183144013 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183144013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183144013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183144013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183144013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183144013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183144013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183144013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7183144013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7183144013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-learning edmodo dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 137 orang dari 4 kelas. Teknik pengampilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling yang di ambil 50% dari setiap kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Media E-learning Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (5,028>1,997) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,714>1,997) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Media E-learning Edmodo dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (75,74>3,136) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,700 yang artinya variabel Media E-learning Edmodo dan Kemandirian Belajar berpengaruh sebesar 70% terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 30% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-learning, Edmodo, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:37
Last Modified: 06 Jan 2023 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49668

Actions (login required)

View Item
View Item