PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP

Mawaddah, Adila (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173331001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173331001 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173331001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173331001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173331001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173331001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173331001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173331001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4173331001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4173331001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4173331001 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4173331001 TABLES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173331001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173331001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173331001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173331001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173331001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173331001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4173331001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4173331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar kimia yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan berbasis SETS serta mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dirancang. Metode pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kimia yang telah disusun sudah berbasis SETS dan memenuhi standar BSNP berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,32% dengan kriteria valid/layak serta berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,44% dengan kriteria valid/layak. Sedangkan untuk hasil respon siswa terhadap bahan ajar yang dirancang adalah sangat tinggi dengan diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,33%. Dengan demikian bahan ajar kimia berbasis SETS untuk siswa SMA kelas XI semester genap yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-KIM-117 / 371.33 Maw p
Keywords: Bahan Ajar; SETS; instrumen BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:03
Last Modified: 08 Dec 2022 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49552

Actions (login required)

View Item
View Item