PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGAPANAH

Sinaga, Kristina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGAPANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.  4183121058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183121058 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.  4183121058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183121058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.  4183121058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183121058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  4183121058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183121058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  4183121058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183121058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.  4183121058 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183121058 TABLES.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  4183121058 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183121058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.  4183121058 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183121058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.  4183121058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183121058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.  4183121058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183121058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  4183121058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183121058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) untuk mengetahui validitas modul berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan hukum Newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah yang telah dikembangkan, (2) untuk mengetahui kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan hukum newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah, (3) untuk mengetahui keefektifan modul berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan hukum newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tigapanah yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 3D. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) tingkat validitas modul berbasis inkuiri terbimbing oleh ahli materi memperoleh presentasi sebesar 98,5% dengan kriteria sangat valid dan ahli media memperoleh presentasi sebesar 90,5% dengan kriteria sangat valid. (2) Tingkat kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan berdasarkan respon siswa yaitu uji coba pada kelompok kecil dengan melibatkan 6 siswa memperoleh presentasi sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba pada kelompok besar dengan melibatkan 30 siswa memperoleh presentasi sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. (3) Tingkat keefektifan modul berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan memperoleh N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-085 / 371.33 Sin p
Keywords: pengembangan; bahan ajar; inkuiri terbimbing; modul; hukum newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:05
Last Modified: 07 Dec 2022 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49478

Actions (login required)

View Item
View Item