Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAS Islamiyah Batahan Silaping T.A. 2021/2022

Neliana, - (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAS Islamiyah Batahan Silaping T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3182121004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3182121004 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3182121008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3182121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3182121004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3182121004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3182121004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3182121004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3182121004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3182121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3182121004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3182121004 TABLES.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3182121004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3182121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3182121004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3182121004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3182121004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3182121004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3182121004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3182121004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3182121004 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3182121004 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, artinya terdapat perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini kelas X IPS MAS Islamiyah Batahan Silaping yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa 56 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Claster random sampling, kelas eksperimen adalah kelas X IPS I diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontrol ialah kelas X IPS II dengan model pembelajaran ceramah. Berdasarkan hasil belajar nilai rata-rata siswa pada kelas X IPS I mencapai 86,42 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas X IPS II mencapai 72,5. Perbedaan hasil belajar juga ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf signifikan ά = 0,05 dimana Thitung > Ttabel yaitu 7,4 > 1,788 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-073
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran; Flipped Classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:00
Last Modified: 02 Jan 2023 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49354

Actions (login required)

View Item
View Item