UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN

Gultom, Intan Ramadhani (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4183311031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4183311031 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4183311031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4183311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4183311031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4183311031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4183311031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4183311031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4183311031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4183311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4183311031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4183311031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4183311031 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4183311031 TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4183311031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4183311031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4183311031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4183311031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4183311031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4183311031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4183311031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4183311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model problem based learning di kelas VIII-4 SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 17 Medan berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 49,17. Dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 6 siswa (20%) dari 30 siswa. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata- rata 69,9. Dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 14 siswa (46,67) dan kemampuan guru masih kurang efisien dalam mengelola waktu pembelajaran. Nilai rata-rata kemampuan guru adalah 2,75 dengan kategori cukup, dimana kategori tersebut perlu ditingkatkan. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata 80,4. Dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 26 siswa (86,67%) dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,15 dengan kategori baik. Dimana guru sudah baik dalam mengelola pembelajaran. Untuk nilai setiap indikator pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada indikator memahami masalah nilai rata- rata siklus I 85,83 meningkat menjadi 95,41 pada siklus II, indikator merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata siklus I 71,11 meningkat menjadi 88,33 pada siklus II, indikator menyelesaikan masalah nilai rata-rata siklus I 64,44 meningkat menjadi 84,72 pada siklus II, dan indikator memeriksa kembali rata-rata nilai siklus I 57,92 meningkat menjadi 73,73 pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-4 SMP Negeri 17 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-192 / 371.33 Gul u
Keywords: Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:55
Last Modified: 05 Dec 2022 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49331

Actions (login required)

View Item
View Item