Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Ability in terms of Gender Differences at SMP N 1 Kuta Buluh

Tarigan, Ita Margaretta Br (2022) Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Ability in terms of Gender Differences at SMP N 1 Kuta Buluh. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8206172019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206172019 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 8206172019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8206172019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206172019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8206172019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206172019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8206172019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8206172019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206172019 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8206172019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8206172019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8206172019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8206172019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8206172019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8206172019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8206172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender di kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender di kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kuta Buluh tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian terdiri dari 12 orang siswa, 6 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan tahap memahami masalah, tahap menyusun rencana pemecahan masalah, tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan tahap memeriksa
kembali hasil pemecahan masalah siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki. (2). Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki dan perempuan paling tinggi pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah, selanjutnya tahap memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan
masalah. Hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata persentase setiap tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu tahap memahami masalah dengan perbedaan 22,62 %, tahap menyusun rencana pemecahan masalah dengan perbedaan 12,26 %, tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan perbedaan 0,06 %, dan tahap memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan perbedaan 2,62 %. Disarankan perlunya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, siswa harus dilatih dan dibiasakan dalam pemecahan masalah dan perlunya sosialisasi sekolah terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Tar a
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:50
Last Modified: 19 May 2023 00:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49269

Actions (login required)

View Item
View Item