Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai

Azmi, Heltika Nur (2022) Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  3173311023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 3173311023 COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2.  3173311023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 3173311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3.  3173311023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 3173311023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.  3173311023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 3173311023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5.  3173311023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 3173311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 6. 3173311023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 3173311023 TABLES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7. 3173311023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 3173311023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8. 3173311023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 3173311023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9.  3173311023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 3173311023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 13.  3173311023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 3173311023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 14.  3173311023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 3173311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung ke kantor kepala Desa Pantai Cermin Kiri, menyebar angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Pantai Cermin Kiri yang berjumlah 432 masyarakat yang dimana yang menjadi sempel dalam penelitian ini yaitu 10% dari populasi yakni 43 masyarakat yang diambil secara acak sederhana (Random Sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kuantitatif. Maka untuk mengolah data yang telah diperoleh penulis mengunakan rumus statistik sederhana P=f/n×100%. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berada dalam kategori rendah, artinya persepsi masyarakat menunjukan bahwa pelayanan publik yang diberikan aparatur desa kepada masyarakat belum sesuai standar pelayanan minimal, ditemukannya kendala yakni masyarakat yang tidak mengerti dan tidak paham terhadap proses dalam pelayanan, tidak adanya ketepatan waktu penyelesaian pelayanan, budaya salam tempel (memberi uang) masih sangat melekat di kantor desa, informasi produk pelayanan belum tersampaikan kepada masyarakat, fasilitas kantor yang kurang lengkap dalam melayani masyarakat, masih adanya jasa calo di kantor desa, dan masih adanya pengutipan liar dalam proses pembuatan surat-menyurat. Aparatur pemerintah desa sebagai penyelenggaraan pemerintahan harus memiliki kualitas yang baik dan memadai dalam pelaksanaan tugas. Upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah desa merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga dapat mewujudkan kualitas pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PKN-022
Keywords: Persepsi Masyarakat; Kinerja Aparatur Desa; Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: J Political Science > JS Local government. Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:21
Last Modified: 11 Oct 2022 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48242

Actions (login required)

View Item
View Item