UPAYA MEMINIMALISIR TINGKAT GLOSSOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMAS KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Damanik, Christin Mutiara (2022) UPAYA MEMINIMALISIR TINGKAT GLOSSOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMAS KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1183151003 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183151003 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183151003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183151003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183151003 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183151003 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183151003 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183151003 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183151003 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183151003 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183151003 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183151003 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM, 1183151003 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM, 1183151003 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183151003 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183151003 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183151003 CHAPTER 1.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183151003 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183151003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183151003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183151003 CHAPTER 5.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183151003 CHAPTER 5.pdf.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan di SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan. Dari hasil wawancara dengan guru BK terdapat siswa di kelas X ketika tugas kelompok yang terdiri atas 5 orang dalam 1 kelompok, hampir setiap kelompok terdapat siswa yang tidak ikut berpartisipasi aktif, menghindar atau memilih diam saja. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat Glossophobia melalui konseling kelompok teknik Assertive Training siswa kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi yang ditentukan adalah siswa kelas X dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut maka ditentukan 8 siswa sebagai subjek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala glossophobia , hasil uji validitas instrumen di peroleh 31 item yang valid dari 40 item , dan reliabilitas instrumen sebesar 0.893. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat glossophobia sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training rata-rata skor 74,7%, setelah diberikan layanan siklus I rata-rata skor menjadi 51,6% dan siklus II rata-rata skor menjadi 40,7%. Kesimpulan penelitian ialah 87,5% siswa mengalami peningkatan skor yaitu menjadi kategori rendah, sehingga penelitian ini berhasil dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik assertive training dapat meminimalisir tingkat glossophobia pada siswa kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-048 / 158.35 Dam u
Keywords: Konseling Kelompok; Teknik assertive training; Glossophobia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:34
Last Modified: 10 Oct 2022 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48200

Actions (login required)

View Item
View Item