Damanik, Cristin Mutiara (2022) UPAYA MEMINIMALISIR TINGKAT GLOSSOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMAS KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1183151003 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1183151003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 1183151003 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM. 1183151003 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM. 1183151003 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 1183151003 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7. NIM, 1183151003 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 1183151003 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 1183151003 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
10. NIM. 1183151003 CHAPTER 2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 1183151003 CHAPTER 3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (983kB)
12. NIM. 1183151003 CHAPTER 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 1183151003 CHAPTER 5.pdf.pdf
Download (227kB)
14. NIM. 1183151003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf
Download (256kB)
15. NIM. 1183151003 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan di SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan. Dari hasil wawancara dengan guru BK terdapat siswa di kelas X ketika tugas kelompok yang terdiri atas 5 orang dalam 1 kelompok, hampir setiap kelompok terdapat siswa yang tidak ikut berpartisipasi aktif, menghindar atau memilih diam saja. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat Glossophobia melalui konseling kelompok teknik Assertive Training siswa kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi yang ditentukan adalah siswa kelas X dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut maka ditentukan 8 siswa sebagai subjek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala glossophobia , hasil uji validitas instrumen di peroleh 31 item yang valid dari 40 item , dan reliabilitas instrumen sebesar 0.893. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat glossophobia sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training rata-rata skor 74,7%, setelah diberikan layanan siklus I rata-rata skor menjadi 51,6% dan siklus II rata-rata skor menjadi 40,7%. Kesimpulan penelitian ialah 87,5% siswa mengalami peningkatan skor yaitu menjadi kategori rendah, sehingga penelitian ini berhasil dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik assertive training dapat meminimalisir tingkat glossophobia pada siswa kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 2022-BK-048 / 158.35 Dam u |
| Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik assertive training; Glossophobia |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 10 Oct 2022 08:34 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 08:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48200 |
