Muzdalifah, Vinari (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121077 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM. 4141121077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM. 4141121077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 4141121077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 4141121077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. NIM. 4141121077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 4141121077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 4141121077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen pada materi pokok gerak lurus, (2) nilai rata-rata pretes dan posttest kelas kontrol pada materi pokok gerak lurus, (3) perbedaan hasil belajar dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi pokok gerak lurus.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-5 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran daring, kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis multirepresentasi dan kelas kontrol dalam perlakuannya dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda yang telah divalidasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 50,42 dan pada rata-rata nilai postest sebesar 73,61 lebih tinggi dari kelas kontrol, (2) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 40,83 dan pada rata-rata nilai postest sebesar 47,22 lebih rendah dari kelas eksperimen, (3) rata-rata nilai postest kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 73,61 > 47,22 yang berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control, pada uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,49 > 1,99 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan implementasi model pembelajaran inquiry training berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 076 |
Keywords: | Inquiry training; Multirepresentase; Gerak lurus; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:46 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47845 |